Senin, 19 September 2016

Para Lansia Pun Berusaha Tetap Sehat





Rejosari – Ratusan orang lanjut usia (lansia) bersemangat memadati halaman parkir RS Panti Wilasa, Citarum Semarang, Sabtu (7/4). Bukan untuk berdemo,tetapi mereka bersiap melakukan senam pagi dan mengikuti seminar kesehatan.
Ya, hari itu adalah hari special bagi kalangan lansia.Ratusan lansia yang berasal dari kader lansia posyandu, anggota komunitas RS, pensiunan karyawan RS dan berbagai kelompok lainnya, berkumpul untuk memperingati Hari Kesehatan Internasional.Bertema “Hak dan Martabat Bagi Para Lansia” RS Panti Wilasa Citarum ingin menyerukan pemulihan Hak dan Martabat bagi para lansia.
“Kami mengadakan kegiatan serupa di  seluruh RS naungan yakkum di Jawa Tengah.Misalnya purwodadi, Surakarta, banjarnegara, purwokerto, purworejodanlainnya”. Kata direktur RS PantiWilasa Citarum Semarang, dr.Daniel Budi Wibowo, M.Kes
Pada saat yang sama di gelar seminar yang diisi oleh dr.Subroto Prawiroharsojo, SpPD, M.Kes, SetiyonoS.Km dan dr.Tatik Murhayati. Mereka memberitahukan pengetahuan bagaimana menjadi lansia yang berkualitas.
Dokter spesialis penyakit dalam, dr.Prawiroharsojo SpPDM. Kes, mengatakan banyak isu tentang lansia yakni kesehatan pola hidup, lansia yang aktif, dan kualitas hidup.Secara singkat beliau menjelaskan, beberapa fakta tentang penuaan dan perjalanan hidup.
Sementara itu, dr.Tatik dari Dinkes Provinsi Jawa Tengah menjelaskan, pemerintah sudah menerapkan system pembinaan dan pembelajaran masyarakat untuk mendampingi lansia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar